- 19 Maret 2022
- Yusuf Safawi
- 0 Comments
- Artikel
Pengertian Sertifikasi ISO 9001 2015 Sistem Manajemen Mutu
- Bantargebang, Bekasi
Manajemen mutu merupakan salah satu hal penting yang diperlukan dalam kegiatan operasional perusahaan. manajemen mutu bermanfaat bagi perusahaan secara internal terutama untuk menjamin barang atau jasa yang dihasilkan sesuai standar. Perusahaan yang memiliki jaminan mutu kualitas produk akan memiliki keunggulan dalam persaingan pasar dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki standar manajemen mutu.
ISO 9001 : 2015 merupakan standar manajemen mutu yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang di dalamnya mencakup beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh perusahaan / organisasi dalam membentuk suatu quality management system. Berlandaskan pada ISO 9001:2015 ini sebuah perusahaan / organisasi dapat melakukan evaluasi apakah produk (barang/jasa) dan proses yang dilakukan oleh perusahaan tersebut dapat memenuhi ketentuan / persyaratan dari customer secara konsisten. Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ini juga dapat memastikan konsistensi mutu sebuah produk dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan perusahaan ataupun pelanggan dan mencegah terjadinya kegagalan mutu produk atau jasa sepanjang proses produksi. Standar Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015 bisa juga diterapkan pada bidang yang menghasilkan jasa seperti rumah sakit, instansi pendidikan, universitas dan bidang usaha jasa lain.
Prinsip Sertifikasi ISO 9001 : 2015
1. Fokus Pelanggan.
Dengan memberikan kebutuhan yang sesuai atau bahkan melebihi harapan konsumen dengan tujuan untuk mencapai kepuasan pelanggan.
2. Kepemimpinan.
Setiap pimpinan yang ada di perusahaan atau organisasi memiliki tanggung jawab terhadap target perusahaan dengan melakukan pengelolaan dan pemberdayaan dengan baik.
3. Keterlibatan Sumber Daya Manusia.
Untuk mengelola organisasi secara efektif dan efisien, semua orang pada semua orang perlu dilibatkan dan dihargai sebagai individu. Pengakuan, pemberdayaan, dan peningkatan keterampilan dan pengetahuan memfasilitasi pelibatan orang dalam pencapaian sasaran organisasi / perusahaan.
4. Pendekatan Proses Bisnis.
Hasil yang konsisten dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien saat aktivitas dipahami dan dikelola sebagai proses yang saling terkait yang berfungsi sebagai suatu sistem yang terpadu. Sistem manajemen mutu terdiri atas proses yang saling terkait.
5. Peningkatan yang terus menerus.
Organisasi yang sukses terus-menerus menekankan pada perbaikan. Perbaikan penting bagi organisasi untuk memelihara tingkat kinerja saat ini, untuk menanggapi perubahan kondisi internal dan eksternal, serta untuk menciptakan peluang baru.
6. Pengambilan keputusan secara factual.
Keputusan berdasarkan analisis dan evaluasi data dan informasi lebih berpeluang untuk mencapai hasil yang diinginkan. Diperlukan pemahaman terhadap hubungan sebab dan akibat serta potensi dampak yang tidak diinginkan. Fakta, bukti, dan analisis data meningkatkan objektivitas dan kepercayaan dalam pengambilan keputusan.
7. Hubungan Baik dengan Stakeholder.
Mengelola hubungan yang baik antar pihak-pihak di perusahaan misalnya pemasok, karyawan, mitra bisnis, dan lainnya akan mempertahankan perusahaan dengan kesuksesannya dan mampu bersaing.
Mengapa Perlu ISO 9001 : 2015
ISO 9001 memberikan pedoman berupa sistem manajemen mutu. Alasan mengapa perusahaan perlu memiliki sertifikasi ISO 9001 yaitu:
- Perusahaan memiliki sistem jaminan kualitas dan mutu yang berstandar internasional.
- Reputasi bisnis dan usaha menjadi lebih baik di mata konsumen dan rekan bisnis.
- Kualitas produk yang terjamin memiliki dampak langsung pada kepuasan pelanggan.
- Mencegah terjadinya kesalahan/kegagalan proses dan kerugian yang diakibatkan mutu produk dan jasa yang tidak sesuai.
- Meningkatkan kinerja perusahaan.
- Visi dari sebuah perusahaan atau organisasi akan lebih jelas dan terarah dengan adanya system jaminan kualitas dan mutu.
PT Multi Hanna Kreasindo Merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan limbah industri dan telah mendapat perizinan resmi meliputi pengangkutan(transporter), pengumpulan limbah, pengolahan limbah, pemanfaat limbah B3, non B3 & limbah medis dari Kementerian Lingkungan Hidup, membuktikan komitmennya untuk memberikan jaminan kualitas terbaik pada setiap jasa dan produk. Dalam rangka menjaga komitmen tersebut, PT Multi Hanna Kreasindo dari tahun ke tahun terus melakukan standarisasi kualitas produk yang mengacu pada International Organization for Standardization (ISO). Terhitung sejak tanggal 04 Juni 2021, PT Multi Hanna Kreasindo berhasil memperpanjang masa Sertifikat Sistem Jaminan Mutu ISO 9001 : 2015 dalam kategori Pengolahan Limbah B3 dan Non B3 Termasuk Pengangkutan, Pengumpulan dan Pemanfaatan.
Sertifikat ini diterbitkan oleh TUV Rheinland Indonesia, sebuah badan perusahaan sertifikasi dunia berbasis di Geneva, Switzerland yang memiliki cabang di Jakarta, tepatnya di Jakarta Selatan. Adapun sertifikat ISO 9001 adalah sertifikasi yang fokus pada sistem manajemen mutu. Sertifikasi tersebut memacu sistem kerja operasional PT. Multi Hanna Kreasindo untuk dapat meningkatkan kualitas dalam penyediaan produk, peningkatan kepuasan pelanggan melalui perbaikan secara terus-menerus dan pemenuhan persyaratan yang berlaku.
Ayo bersama melangkah mewujudkan lingkungan hidup bebas dari dampak negatif limbah bersama kami PT Multi Hanna Kreasindo 😊
Hubungi kami disini :
PT MULTI HANNA KREASINDO
INDUSTRIAL WASTE SOLUTION
Jl. Raya Narogong KM 12 Pangkalan II No 23, RT.003/02, Kecamatan Bantar Gebang, Cikiwul, Kota Bekasi, Jawa Barat. 17152
Telp. (021) 8250196, Email : marketing@multihanna.co.id